Komponen rem cakram adalah
1)-master rem
Master rem ini berfungsi sebagai penekan minyak rem.karna sistem kerja dari rem cakram adalah tekanan minyak rem terhadap kaliper rem.di dalam master rem ini ada beberapa komponen yang menempel.yaitu :
-sebuah bak penampung minyak rem.
-sebuah bak penampung minyak rem.
-kemudian handle sebagai penekan piston
-pegas sebagai memantul handle agar kembali ke posisi semula
-piston atau penekan.
alat ini lah yang berfungsi sebagai pembuka dan penutup lubang aliran minyak rem yang ada di bak penampung.setelah membuka lubang kemudian piston ini menekan minyak rem ke arah kaliper.
2)-Selang
Selang ini berfungsi sebagai penyalur dari minyak rem yang mendapat tekanan dari piston di kaliper.
3)-kaliper rem
Setelah minyak melalui selang kemudian berlanjut ke kaliper rem.di kaliper rem ini ada batang penekan atau piston lagi.fungsinya untuk menekan kampas rem atau sepatu rem.
Ada beragam jumlah piston dalam kaliper,ada yang menggunakan satu piston saja ada dua,tiga bahkan empat.tapi fungsinya tetap sama yaitu menekan kampas rem.
4)-kampas rem/sepatu rem
Tekanan berlanjut ke kampas rem.kampas biasanya terbuat dari campuran asbes yang di bentuk sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan gesekan dan cengraman yang sangat kuat terhadap piringan atau disc.
Di dalam sebuah kampas biasanya ada garis-garis atau alur.fungsinya untuk mengurangi panas akibat gesekan selain itu juga sebagai tempat pembuangan serpihan kampas yang terkikis akibat geseka.
4)-piringan (disc)
Tekanan dari kampas rem berlanjut di piringan cakram.karna kedua kampas rem menjepit dengan kuat sebuah piringan cakram maka terjadilah gesekan yang mampu memperlambat laju kendaraan.
5)-minyak rem
Minyak rem sebagai media atau perantara tekanan.untuk kualitasnya minyak rem biasanya menggunakan kode angka yaitu DOT (department Of Transportation) 3 DOT 4 dan DOT 5.kebanyakan yang di gunakan untuk motor standar yaitu DOT 3.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar