Senin, 27 Agustus 2012

Merawat Aki Biar Tetap Gaul dan Tidak Soak


Apa saja yang harus dilakukan untuk merawat aki?  Lets share!
    Merawat Aki Biar Tetap Gaul dan Tidak Soak
  1. Beri Air Aki Secukupnya
    Jika motor bradercismenggunakan aki basah, sebaiknya secara rutin melihat tingkat ketinggian air aki. Untungnya sekarang jaman semakin maju, jadi tidak usah cek aki hingga bongkar sebagian bodi motor. Karena pada beberapa aki keluaran terbaru, terdapat lubang indikator yang ditunjukkan dengan warna. (biru dan merah).

    Warna biru untuk menunjukkan tingkat atau volume air aki masih banyak atau normal. Sedangkan warna merah untuk kondisi air aki hampir habis dan harus segera diisi ulang.

    Bila ternyata air aki berkurang, isilah, tapi jangan terlalu luber.

    Sediakan sedikit ruang agar reaksi kimia antara sel-sel yang terbuat dari alumunium dengan air aki baru terjadi dengan baik. Khususnya saat aki digunakan (mesin menyala). Tujuannya agar sel aki tidak cepat rusak.
  2. Bersih-Bersih Terus di Charge
    Lha kok
     air aki-nya masih banyak, padahal sudah satu tahun digunakan. Jangan senang dulubradercisMending langsung buang saja tuh air aki lama dengan yang baru, agar aki tetap prima dan awet.

    Caranya, buka semua tutup lubang air aki dan pastikan semua air aki terbuang semua. Setelah itu tuang air panas dan tutup rapat-rapat lubang aki tersebut dan kocok-kocok hingga rata. Lakukan cara ini dua atau tiga kali, agar daleman aki benar-benar bersih.

    Setelah bersih isi kembali air aki, dan lakukan penyetruman (charger). Sekarang banyak kok dijualcharger aki di bengkel-bengkel besar. Tapi jika bradercis mau simple-nya. bawa aja aki di bengkel aki.

    Lebih lama setrumnya kebih bagus (5 jam). Cara ini juga bisa digunakan jika aki sudah menunjukkan gejala-gejala aus. Tanda-tandanya seperti mesin motor sulit dihidupkan, lampu tidak menyala, klakson mati dan lain-lain.
  3. Cara Merawat Aki Kering
    Bagaimana dengan motor yang menggunakan aki kering? Aki kering sebenarnya  bebas dari perawatan atau MF (maintenance free /MF).  Pasalnya, aki ini tidak membutuhkan penambahan air aki, atau perlakuan khusus. Usianya pun lebih lama ketimbang aki basah.

    Meskipun aki kering tidak butuh perawatan khusus dan rumit. Tetap saja jika tidak diperlakukan secara baik, maka aki ini juga cepat rusak. Efeknya motor tidak mudah dihidupkan, lampu mati, begitu pun dengan klakson.

    Cara untuk merawat aki ini jauh lebih mudah ketimbang aki basah. Yang terpenting sesering mungkin memanasi mesin sepeda motor. Cukup lima hingga tujuh menit

Mau Cari di Sini, Silahkan!