Jumat, 04 Januari 2013

Cara Memilih Ban, Perhatikan Cara Menyimpannya!


Kebutuhan pokok motor selain bensin dan alat pendukung lainnya adalah ban. Bayangkan bila ban sudah mulai habis terkikis alias botak layaknya kepala tanpa rambut kepunyaan pak Ogah. Tentu kita harus segera menggantinya, agar enggak terjadi kecelakaan yang pasti semua bilang amit-amit.

Memilih ban harus disamakan seperti kita memilih pacar ketika PDKT (pendekatan). Supaya ban yang kita pilih kualitasnya masih bagus dan layak pakai. Pemilihan ban yang baik, bukan hanya dilihat dari brand alias merek yang tertera di ban tersebut.

“Pemilihan ban yang baik, salah satunya dari cara si penjual menyimpan ban tersebut,” kata Condro, pemilik bengkel sekaligus toko variasi KMS yang terletak di Jl. Raya Panjang No. 20, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Pasalnya salah memperlakukan dan menyimpan ban yang sembarangan bakal merusak ban. “Ada beberapa kebiasaan jelek dilakukan para pedagang. Mungkin belum tahu cara menyimpan ban yang baik itu seperti apa,” tambah pria yang memaparkan sebab-akibat dan cara menyimpan ban yang benar.

Misalnya menumpuk ban berlebihan. Sering ditemui menyimpan ban dengan cara ditumpuk terlalu banyak dan disimpan di atas lantai begitu saja. Hal ini bisa memberikan tekanan lebih terhadap ban satu dengan ban yang lain, sehingga karet dan rajutan besi yang terdapat di dalam ban bisa berubah dan bila dipasangkan ban enggak akan center. Suhu dingin yang diterima pada tumpukan ban pertama, bisa merusak struktur karet bannya.

Lainnya menyimpan ban di bawah terik matahari. Kebiasaan promosi yang salah adalah menyimpan ban di luar di bawah terik matahari. Paparan cahaya matahari, sangat berpengaruh terhadap keelastisan karet ban.Pasalnya cahaya matahari bisa bikin karet jadi lebih keras. “Fatalnya, bila ban yang sudah terkena cahaya matahari terlalu lama, bila digunakan akan licin karena karet jadi keras sehingga traksi yang terjadi menjadi minim.

Cara menyimpan ban yang benar, yaitu dengan cara dibariskan di tempat yang khusus dibuat untuk pajangan ban. Berada di dalam ruangan dan jauh dengan dinginnya lantai. Sehingga ban bisa terjaga keawetan karetnya juga kontur penyusun ban.

“Nah, sekarang kan sudah ngerti cara menyimpan ban yang baik. Jadi, kalau beli ban jangan yang terkena sinar matahari langsung dan ditumpuk berlebihan ya,” wanti Condro, yang juga seorang bikers. 
SUMBER : (motorplus-online.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mau Cari di Sini, Silahkan!