Minggu, 21 Juli 2013

Scrooser, Otopet dengan Ban Gambot

Dresden, KompasOtomotif – Berawal dari ide untuk membuat kendaraan sederhana jarak dekat tanpa polusi, enam warga negara Jerman menyatukan visi,  menciptakan Scrooser. Kendaraan ini mirip dengan otopet dengan ban gambot. Rangka dibuat dari  aluminium, sedangkan untuk menggerakkannya digunakan motor listrik.  

Seperti otopet, kendaraan ini punya  setang, tuas rem, jok dan pijakan kaki yang  cukup lebar. Kendaraan dirancang pengedara dengan bobot  maksimal 125 kg plus 28 kg barang. Dengan menggunakan ban besar, Scrooser dijamin tetap berdir kendati setang dibelokkan. Sebagai pengaman, disiapkan pula  standar samping.

Untuk memakainya, ada dua cara. Pertama, bila  digunakan untuk berolahraga, harus didorong dengan kaki. Kedua, bila  malas, hidupkan motor listrik yang menghasilkan tenaga 1 kW. Dengan tenaga listrik, Scrooser bisa melaju hsampai 25 kpj dengan jarak tempuh maksimal 55 km. Untuk mengisi ulang baterai, tinggal colok ke stop kontak dengan lama pengisian  dari 1 sampai 3 jam atau tergantung pada tegangan listriknya. 

Dilengkapi dengan dua mode mengendarainya, ECO untuk mengirit baterai dan non-ECO buat berakselerasi. Tersedia tambahan (opsional) LED daytime running light yang menyala sepanjang hari. Di Eropa dijual 3.030 euro atau Rp 39,9 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mau Cari di Sini, Silahkan!