Kamis, 20 Juni 2013

Tampang Yamaha MT-09 Setelah Berjubah

Cuneo, KompasOtomotif – Yamaha MT-09, juga disebut FZ-09, sedang ”panas” di sejumlah negara. Seperti iulas KompasOtomotif, sepeda motor ini adalah gebrakan Yamaha untuk mengguncang dunia dengan mesin tiga silinder. Sebelumnya, mesin tiga silinder hanya ditekuni MV Agusta dan Triumph.

Kini banyak biker mengincarnya, karena dengan harga 6.799 poundsterling atau Rp 104-an juta (di Inggris), sudah bisa mendapatkan  sepeda motor telanjang ”kelas bantam” berperforma tinggi asal Jepang. Karena animo yang tinggi itu, Bar Design, rumah desain dari kota kecil Cuneo, Italia, dengan Luca Bar sebagai punggawanya, menawarkan desain FZ-09 versi setengah telanjang.

Bar menilai, desain sepeda motor ini sangat berpotensi untuk dimodifikasi menjadi lebih tinggi dan gagah serta bisa dijadikan sport touring, layaknya Ducati Multistrada di kelas berat. Penambahan komponen aftermarket mudah diterapkan, dipadu dengan ubahan bodi yang menutup mesin.

Ide dasarnya, meletakkan suspensi lebih tinggi (panjang) dan beberapa pelindung yang membuat FZ-09 siap kembali lahir sebagai konsep yang dinamakan TDM 850. Sebagai kelengkapannya, dipasanglah saddlebag (tas samping)  dari bahan keras, tameng udara dan fairing.

Tentu, ini hanya rekayasa desain. Yamaha sendiri belum memberi pernyataan kemungkinan basis FZ-09 menjadi model yang lain, termasuk menaikkan kapasitas mesin dan menggunakannya sebagai sepeda motor turing. Sembari menunggu, model ini bisa juga dijadikan ilham untuk modifikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mau Cari di Sini, Silahkan!