Sabtu, 29 Juni 2013

Honda ”Monkey” Berlagak Kencang

Bangkok, KompasOtomotif – Belum juga beredar, Honda ”Monkey” generasi baru atau yang bernama MSX 125 di Asia/Eropa, serta Grom di AS, sudah memberikan banyak inspirasi. Dimensinya yang pendek-kecil membuat orang berimajinasi, bagaimana seandainya jika dibungkus fairing dan kembali ke era balap masa lalu?

Seperti yang dilakukan A.P Honda, distributor sepeda motor Honda di Thailand, ketika memajang konsep ber-fairing di Bangkok Motor Show (April 2013)  disebut RC-X Mini Vintage Racer.  Kini, kendaraan itu mulai ”keliling” untuk menemani kampanye promosi sepeda motor Honda di Thailand.

Sepeda motor balap klasik mini itu diambil dari basis MSX 125/ Grom. Inspirasinya Honda balap klasik RC Series Grand Prix yang berhasil membawa Mike Hailwood dan Jim Redman jadi juara. A.P Honda merombak bagian depan, lantas disambung dengan fairing.

Ada detail #1 warna hijau sebagai tanda inilah sepeda motor juara. Lalu, bagian belakang dipangkas. Tangki, jok, bentuk keseluruhan, dan pipa gas buang mengingatkan pada tunggangan bersejarah RC166 yang memenangi Grand Prix 250cc pada 1966.

Ya, dimensi Honda MSX 125/ Grom cukup menarik perhatian. Meski kecil, tapi spesifikasinya bukan untuk mainan anak-anak. Mesin 125cc injeksi yang disandingkan dengan transmisi 4-percepatan cukup cepat menyemburkan tenaga 9,7 PS @7.000 rpm dan torsi 10,6 Nm @5.500 rpm.

Tengok ke belakang sedikit, dimensi seperti ini zaman dulu diberi nama Honda Z Series, awalnya dipasarkan ke seluruh dunia pada 1960-an. Orang menyebutnya ”monkey” atau ”gorilla” karena setangnya menjulang ke atas seperti tangan kera ketika sedang menggelantung. Sampai sekarang, Z Series klasik menjadi barang langka dan diburu para kolektor, termasuk di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mau Cari di Sini, Silahkan!