Senin, 25 Juni 2012

Keuntungan dan kerugian mesin 4 tak dan 2 tak

Sejak awal tahun 1950-an sampai tahun 2000, motor - motor 2 tak atau 2 langkah meraja hampir di setiap balapan. Dan pada awal produksi pabrikan SUZUKI pada tahun 1953, motor - motor SUZUKI (Free Diamond) selalu menjuarai kejuaraan balapan mendaki bukit Mt.FUJI. Dan SUZUKI juga memproduksi motor 4 tak atau 4 langkah yang di beri nama colleda. Karena mesin 4 tak dirasa kurang bertenaga, pada tahun 1954 pihak SUZUKI mengganti mesin colleda dengan jenis 2 tak.

Nah sekarang apa sih keuntungan dan kerugian pada mesin 2 tak dan 4 tak....???????

Keuntungan mesin 2 langkah(tak):
1. Proses pembakaran terjadi setiap putaran poros engkol, sehingga putaran poros engkol lebih halus untuk itu putaran lebih rata.
2. Tidak memerlukan klep, komponen part lebih sedikit, perawatan lebih mudah dan relatif murah.
3. Momen puntir untuk putaran lanjutan poros lebih kecil sehingga menghasilkan gerakan yang halus.
4. Bila dibandingkan dengan mesin empat langkah dalam kapasitas yang sama, tenaga yang dihasilkan lebih besar.
5. Proses pembakaran terjadi 2 kali, sehingga tenaga lebih besar dari mesin 4 tak.

Kerugian mesin 2 langkah(tak):
1. Langkah masuk dan buang lebih pendek, sehingga terjadi kerugian langkah tekanan kembali gas buang lebih tinggi.
2. Karena pada bagian silinder terdapat lubang-lubang, timbul gesekan antara ring piston dan lubang akibatnya ring piston akan lebih cepat aus.
3. Karena lubang buang terdapat pada bagian silinder maka akan mudah timbul panas.
4. Putaran rendah sulit didapat
5. Konsumsi pelumas lebih banyak, karena memakai 2 pelumas yaitu oli mesin dan oli transmisi. Oli mesin ikut terbakar dengan bahan bakar.

Ciri-ciri umum sepeda motor mesin dua langkah:
- Sistem pelumasan mesinnya dicampurkan kedalam bensin maka gas buang mesin dua langkah bewarna putih
- Suara mesin lebih halus karena setiap dua langkah terjadi satu kali pembakaran bensin
- Pemakaian bahan bakar lebih boros
- Menggunakan dua fungsi pelumasan yaitu untuk melumasi ruang engkol, piston, dan dinding silinder untuk pelumasan mesin serta pelumasan transmisi.
- Memiliki dua buah ring piston, yaitu ring kompresi pertama dan ring kompresi kedua.




Keuntungan mesin empat langkah:
1. Karena proses pemasukan, kompresi, kerja, dan buang prosesnya berdiri sendiri-sendiri sehingga lebih presisi, efisien dan stabil, untuk putaran dari rendah ke tinggi lebih lebar (500-10000 rpm).
2. Kerugian langkah karena tekanan balik lebih kecil dibanding mesin dua langkah sehingga pemakaian bahan bakar lebih hemat.
3. Putaran rendah lebih baik, dan panas mesin lebih dapat didinginkan oleh sirkulasi oli.
4. Langkah pemasukan dan buang lebih panjang sehingga efisiensi pemasukan dan tekanan efektif rata-rata lebih baik.
5. Panas mesin lebih rendah dibanding mesin dua langkah.

Kerugian mesin empat langkah:
1. Komponen dan mekanisme gerak klep lebih banyak, sehingga perawatan lebih sulit.
2. Suara mekanis lebih gaduh
3. Langkah kerja terjadi dengan 2 putaran poros engkol, sehingga keseimbangan putar tidak stabil, sehingga diperlukan engine balancer pada motor bersilinder tunggal sebagai peredam getaran.

Ciri-ciri umum sepeda motor mesin empat langkah:
- Gas buang tidak berwarna (kecuali ada kerusakan).
- Bahan bakar lebih irit.
- Menggunakan satu minyak pelumas untuk melumasi ruang engkol, piston, dinding silinder dan transmisi.

Mau Cari di Sini, Silahkan!