Rabu, 13 Juni 2012

Tips Merawat Motor Matik Anda


Dari Klasika, rubrik yang dimiliki oleh surat kabar nasional Kompas diperoleh tips yang cukup penting berkaitan dengan perawatan motor matik. 
untuk saat ini motor matik lagi naik daun. Terbukti dengan banyak produsen sepeda motor berlomba-lomba meluncurkan produknya ke pasaran. Dengan model yang stylish dan fitur-fitur yang terbilang inovatif. Kini takhanya kamu perempuan saja yang menunggangi motor matik, laki-laki pun taksedikit menjadikan motor matik sebagai tunggangan untuk keperluan berkendaraannya.

Seiring berjalannya waktu, kini populasi pengguna motor matik semakin mendominasi menyaingi motor bebek nirmatik. Untuk menjaga penampilan tentunya motor matik perlu perawatan. Berikut ini akan diuraikan artikel, "Merawat Penampilan Motor Matik".

Pertama, sebelum bepergian, disarankan untuk memanaskan motor matik selama 1 hingga 5 menit. 

Kedua,saat mengendarainya, pengendara jangan terlampu sering mengubah kecepatan laju motor matik, asalnya cepat tiba-tiba mengerem atau sebaliknya. Sebab cara ekstrim seperti ini bisa mempercepat usia mesin.

Ketiga, perhatikanlah kondisi tanki bensin, jangan seringkali membiarkan kondisi isi bensin dengan keadaan empty alias kosong. Isilah bensin secara berkala dan takperlu menunggu bensin hingga jarum menunjuk arah huruf E atau Empty.

Keempat, gantilah oli transmisi sepeda motor dan mesin secara berkala. Untuk oli transmisi, maksimal setiap 5 ribu km. Sedangkan untuk oli mesin, gantilah setiap seribu km.

Kelima, cek kondisi busi dan aki dengan teratur. Sebab, dengan adanya kedua perangkat tersebut motor matik mampu bertenaga dan melaju dengan kencang. Bila diketahui sudah shock, gantilah dengan yang baru dan orisinal di bengkel resmi atau langganan pembaca.

Keenam, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah memeriksa secara rutin kondisi vent belt dan roller. Bila sudah taklayak gantilah dengan yang baru dan orisinal.

Ketujuh, perhatikan dengan seksama ruang transmisi, karena di ruangan transmisi terdapat sejumlah komponen yang rentan terhadap kotoran. Maka lakukanlah pembersihan secara berkala setiap 4 ribu km sekali. 

Terakhir, mengingat sepeda motor matik -pada umumnya- menggunakan single shockbreaker- gantilah oli shockbreaker maksimal setiap 10 ribu km. 

Bicara keunggulan motor matik adalah mampu leluuasa menerabas kemacetan dan selap-selip melewati jalanan sempit, hemat BBM. Motor matik menjadi jawara jalanan macet dibandingkan mobil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mau Cari di Sini, Silahkan!